Ide Liburan Edukatif Bagi Keluarga

Nah, bagi yang masih galau menentukan tujuan liburan yang asyik, menarik sekaligus ada nilai edukasinya, yuk intip perjalanan Edutrip grade 8 SMP Al-Fath Cirendeu ke Bali. Seru loh!

Horee…libur telah tiba. Pasti menyenangkan sekali menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Nah, bagi yang masih galau menentukan tujuan liburan yang asyik, menarik sekaligus ada nilai edukasinya, yuk intip perjalanan Edutrip grade 8 SMP Al-Fath Cirendeu ke Bali. Seru loh!
.
Wisata Budaya. Hampir setengah hari siswa grade 8 berada di Bali Culture Center (BCC) yang terletak Jl. Br Nyuh Kuning, Ubud, Kabupaten Gianyar. Disini mereka mempelajari ragam kesenian budaya Bali. Dari kesenian tari, lukis, musik, wayang hingga mempelajari tradisi merangkai bunga yang digunakan untuk upacara adat. Serunya lagi, usai belajar mereka sempat makan siang dengan menu khas sambil dihibur pementasan tari Bali loh!
.
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Sembari mengitari ikon baru yang berada di Bukit Unggasan ini, siswa menyaksikan ragam kesenian daerah yang ditampilkan disana. Mereka juga takjub dengan teknologi yang diterapkan pada konstruksi patung GWK yang menjulang setinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Patung tembaga ini merupakan karya dari I Nyoman Nuarta.

Uniknya Desa Penglipuran Bali. Lokasinya berada di desa Kubu, Bangli. Di tempat yang masih memperlihatkan suasana Bali asli, siswa terkagum melihat bentuk dari tiap-tiap rumah penduduk hampir sama. Hal itu terlihat pada pintu gerbang rumah, atap rumah dan dinding rumah menggunakan bambu. Mereka sangat terkesan sekali dengan suasanan alam, kesejukan udara, kebersihan dan susun ruang dan bangunan yang tertata rapi
.
Wisata religi melihat Al-Qur’an tua. Di kampung Bugis jl.Tukat Pukase, siswa melihat mushaf Al-Qur’an yang ditulis pada abad ke 17. Covernya terbuat dari kulit unta, lembarannya terbuat dari kulit pisang dan disimpan dalam kotak kaca. Dari informasi tokoh masyarakat disana, ternyata agama Islam dibawa oleh para pelaut Bugis yang dipimpin oleh Syeh H. Mukmin Bin Hasanuddin. Mereka sempat berziarah ke makamnya dan berdoa
.
Nah, demikian sekelumit serunya edutrip SMP Al-Fath Cirendeu. Semoga bisa menjadi inspirasi liburan.

.(Mr.M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *